twitter


Viskositas adalah ukuran penolakan sebuah fluid terhadap perubahan bentuk di bawah tekanan shear. Secara sederhana viskositas berarti tingkat kekentalan, yang menggambarkan keengganan fluid untuk dialirkan. Viskositas juga menjadi konstanta proporsional untuk mengukur gaya gesek yang bekerja pada fluid.

Perhatikan animasi berikut, viskositas fluida putih lebih rendah daripada fluida ungu.

Viskositas fluida

Ketika sebuah tekanan shear diterapkan pada sebarang benda, ia akan cenderung mempertahankan bentuknya sampai gaya penyeimbang tercipta (hukum Newton III). Kasus ini umumnya terjadi pada benda padat, sedangkan pada fluida tingkat kecenderungan untuk mempertahankan bentuk ini rendah. Maka ketika sebuah fluid dikenai tekanan shear ia akan mengalir dengan kecepatan tertentu.

Fluida yang mempunyai viskositas konstan disebut Fluida Newtonian, seperti air. Sedangkan fluida yang viskositasnya berubah - ubah disebut fluida non-Newtonian, misalnya agar - agar. Perubahan viskositas itu sendiri biasa disebut indeks viskositas yang bergantung pada sifat - sifat kimia dan fisika fluida yang bersangkutan. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah suhu. Ingat, ketika suhu sebuah benda meningkat ikatan antar atom penyusunnya melemah. Hal inilah yang menyebabkan perubahan tingkat kekentalan pada suatu fluid.




Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Viskositas

0 komentar:

Posting Komentar

Monggo komentar...