twitter


Prakata 


Seseorang dilahirkan pada waktu tertentu bukanlah hal yang spekulatif, namun semuanya telah ditentukan dan dirancang dengan rapi oleh Yang Maha Kuasa. Ketentuan itulah yang nantinya menjadi dasar bagi pola hidup yang akan dijalani orang yang bersangkutan. Pola itu meliputi : perwatakan, jodoh, penyakit yang sering diidap, dll. Perwatakan adalah pola hidup paling memungkinkan untuk dipelajari, karena ia merupakan gejala psikologis yang bersifat kongkrit. Sedangkan atribut kehidupan selain itu -seperti jodoh atau penyakit- sudah menjadi rahasia Tuhan. Maka kami kira pada bab - bab yang berkaitan dengan jodoh dan penyakit, primbon yang disusun oleh Ki Suryo Alam ini hanya berdasarkan pada adat kebiasaan saja. Oleh karena banyak orang yang lahir pada saat yang sama namun berbeda sifat, maka data di sini tidak bisa 100% benar. Melainkan hanya sebagian saja. 


Saya sendiri lebih tertarik untuk menghitung tingkat keakuratan buku itu, alih - alih fanatik percaya terhadapnya. Seperti kata Hawking, "Sains menjadi menawan ketika mampu menjelaskan secara sederhana fenomena atau hubungan setiap observasi yang berbeda." Terkait dengan ramalan atau semacamnya, hati saya bertanya "Apakah teori kekacauan yang membingungkan para fisikawan itu tak lain daripada kata - kata para peramal?"


Adapun tujuan penulisan kembali primbon ini adalah -seperti yang saya singgung sebelumnya- untuk mengetahui tingkat keakuratannya. Maka saya minta agar para pembaca memberikan informasi tingkat kecocokan primbon ini terhadap kondisi pribadi masing - masing. Terima kasih . . .


Primbon Ki Suryo Alam

Primbon Ki Suryo Alam

Menurut buku ini, sifat seseorang ditentukan oleh saat kelahirannya berdasarkan : jam, hari, pasaran ( dalam sistem jawa), bulan, dan tahun.Waktu satu hari satu malam terdiri dari 24 jam, yang dibagi menjadi empat bagian, yaitu :

Jam 04.00 s/d 09.00 disebut pagi
Jam 10.00 s/d 15.00 disebut siang
Jam 16.00 s/d 21.00 disebut sore
Jam 22.00 s/d 03.00 disebut malam

Bila seorang bayi dilahirkan “pagi hari”, maka hidupnya semakin tua semakin baik dan biasanya berwajah terang. Bila lahir “siang hari”, hidupnya pada masa muda beruntung tetapi agak penakut.Sedangkan bayi yang lahir “sore hari” dan ”malam hari” hidupnya kurang beruntung dan biasanya berwajah agak gelap/tanpa sinar.

Sebenarnya bayi yang lahir pada waktu tengah malam (00.00) akan mendapat dua pengaruh, yaitu pengaruh hari sebelum dan sesudah ia dilahirkan. Dikarenakan permulaan hari dimulai pada waktu tersebut.

A. Menurut hari dan pasarannya :

a) Hari

MINGGU : Keras hati, pandai bicara, cinta, dan ikhlas terhadap sesama.Ada kemungkinan menjadi kaya dan panjang umur.

SENIN : Beradab lemah, pemalu dan penakut, tapi bila berbicara berpangaruh.Suka berbuat baik dan ikhlasan. Sekalipun pemalu tapi terampil dalam bekerja.

SELASA : Pendiriannya tidak tetap, suka usil, dan mudah sakit hati tetapi ikhlasan.Hidupnya kurang bahagia, sebab banyak rintangan dan cobaan dalam hidupnya.

RABU : Sifatnya tenang sederhana, kalau baik bukan main baiknya, banyak rejeki, dan suka belajar sehingga banyak ilmu.

KAMIS : Suka disanjung sekalipun sifat itu tersembunyi, mudah marah, tapi baik budinya.Bicaranya ditakuti dan akan mendapat kedudukan tinggi dalam pekerjaan atau usahanya, sehingga ia terkenal di dalam masyarakat.Mudah mewujudkan angan-angannya.

JUM’AT : Sifatnya halus, cinta dan dicintai sesama, sukamencari ilmu, ikhlasan, suka bertapa dan berani menderita. Tubuhnya kuat, dan dalam asmara bersemangat besar.

SABTU : Berkepala batu, suka membandel, pikirannya agak tumpul, dan suka mengambil kemauannya sendiri, sehingga sering ditakuti dan dibenci orang. Tapi ia cukup bertanggungjawab dan terampil dalam bekerja, berbakat dagang.

b) Pasaran

PAING : Pandai, tidak mau dikalahkan, mudah marah, suka menyendiri jauh dari pergaulan, sering ditipu dan banyak musuh serta pamrih.

PON : Suka disanjung, ikhlasan dan tidak mau merugikan orang lain. Bicaranya berpengaruh, tapi kalau marah sukar diredakan dan pendendam.

WAGE : Keras hati dan angkuh, tidak pernah puas, agak jorok, sering lupa pada keluarga, mudah kena fitnah,tapi ia terampil.

KLIWON : Setia, berpendirian kuat,perasaannya dalam dan bersar kemauannya, banyak akal sehingga pandai berusaha di manapun ia berada. Tapi sifatnya kadang-kadang buruk, dan kadang-kadang baik.

LEGI :Mudah menyesuaikan diri dengan orang atas ataupun orang bawah, kaya ataupun miskin. Baik budi, sehingga banyak disukai orang, awas dan penurut, berhati-hati. Baru curiga setelah kena tipu.Mau menerima dan memberi, tapi besar pula ruginya.


B. Tanggal

Tanggal 01 : Pemberani, berinisiatif tinggi, punya jiwa pemimpin. Percaya pada kemauannya sendiri, tidak suka bergantung pada orang lain.

Tanggal 02 : Suka menolong dan bekerja sama. Punya sifat penyayangdan tak ragu-ragu untuk mengutarakan perasaannya. Suka memperhatikan kepentingan dan keinginan orang lain.

Tanggal 03 : Pandai bergaul/bermasyarakat.Suka dikelilingi oleh teman-temannya, dan takut kesepian. Kepandaiannya menonjol,sehingga banyak disenangi orang.

Tanggal 04 : Dapat dipercaya dan tak pernah mengecewakan orang lain. Sangat aktif dan rajin bekerja,serta bijaksana.

Tanggal 05 : Mempunyai kelebihan daripada orang lain, dan segala sesuatu yang dilakukan bersifat tepat dan efisien. Sangat waspada dan berjiwa modern.

Tanggal 06 : Suka memperhatikan keluarga dan rumahtangga. Ingin selalu membahagiakan orang-orang yang dicintai bahkan ia rela berkorban. Keberesan dan kerukunan merupakan falsafah hidupnya.

Tanggal 07 : Sangat pendiam, tak menarik perhatian. Suka ilmu kebatinan dan mistik. Jiwanya halus, suka menghargai keindahan, dan kritis terhadap seni.

Tanggal 08 : Pandai dan jujur dalam segi keuangan. Suka menolong.Berbakat menjadi pemimpin.

Tanggal 09 : Sangat berbakat di bidang mistik kebatinan. Pandai dan berbakat di bidang sastra dan musik.Perjalanan akan memperluas pandangan hidupnya.

Tanggal 10 : Mempunyai kekuatan mental,tangkas, dan penuh energi.Sering berhasil dalam usaha, karena ia punya kelebihan daripada orang lain.

Tanggal 11 : Berbakat di bidang magnetis dan punya angan-angan yang tinggi. Tapi mudah tersinggung. Pandai mengerjakan sesuatu.

Tanggal 12 : Pandai menarik hati orang dan bijaksana. Punya moral dan etika yang tinggi serta luhur. Kehidupan sosial sangat disenanginya.

Tanggal 13 : Aktif dan rajin bekerja,pandai memimpin masa. Sangat hati-hati dan sering berhasil dalam usaha.

Tanggal 14 : Benci pada sifat dusta, ia sangat jujur. Jiwanya terbuka dan berbakat jadi kritikus.

Tanggal 15 : Sayang pada keluarga, rumahtangga, dan teman-teman. Sangat bertanggungjawab dan mau berkorban.

Tanggal 16 : Cerdik dan intelek, tapi kurang sabaran. Senang kedisiplinan dan keharmonisan. Berjiwa sosial tapi jarang diperlihatkan.

Tanggal 17 : Ulet dan pemberani. Perasaannya halus dan sering sukses dalam usaha-usaha yang baik.

Tanggal 18 : Pandai dan patut di percaya. Punya cita-cita tinggi.

Tanggal 19 : Cukup pandai dan pandangan hidupnya luas. Sering berhasil dalam usaha pekerjaannya.

Tanggal 20 : Setia dan penyayang, maka banyak orang yag mencintainya. Suka berkorban dan lebih mementingkan orang yang disenanginya.

Tanggal 21 : Punya kepribadian yang menarik. Meskipun suka mementingkan diri sendiri, namun suka menolong orang lain bila perlu. Senang bergaul dan berjiwa sosial.

Tanggal 22 : Berbakat mendidik, banyak akalnya, percaya pada diri sendiri.

Tanggal 23 : Periang, pandai berbicara dean mengutarakan pendapatnya, sehingga
banyak orang yang kagum. Suka merdeka dan tak senang diikat.

Tanggal 24 : Cinta keluarga dan rumahtangga, serta senang hidup rukun damai. Tapi mudah tertipu.

Tanggal 25 : Cinta kebenaran, jujur, dan setia. Pendiam dan gerakannya agak lamban.

Tanggal 26 : Senang memperhatikan orang yang dicintainya. Selalu memperhatikan kesejahteraan rumahtangganya. Sering berhasil dalam usaha dan karirnya.

Tanggal 27 : Berpandangan luas, banyak pengalaman, dan senang ilmu kebatinan.

Tanggal 28 : Kehidupannya dalam masyarakat menonjol. Jiwanya polos, mempunyai kekuatan untuk mengadakan perubahan yang menguntungkan.

Tanggal 29 : Kesederhanaan merupakan dasar bagi hidupnya. Sering sukses di biang sosial.

Tanggal 30 : Suka mengabdi pada kebenaran dan banyak rejekinya.

Tanggal 31 : Senang bekerja dengan bebas tak terikat. Berbakat dalam bidang kepemimpinan, karena percaya pada diri sendiri. Dan perasaannya cukup halus.

C. Bulan

JANUARI : Pandai berpikir dan berbakat jadi pemimipin. Sangat cocok dengan usaha dagang, dan baik pula bila jadi guru. Baik hatinya dan menghargai orang lain. Periang tapi mudah mendapat susah. Bila hatinya susah sukar dihibur, soalnya dipikir dalam, sekalipun tahu kalau itu tidak ada gunanya.
Pandai bicara dan pandai menyimpan rahasia. Ia sangat telaten, sekalipun dengan urusan yang kecil-kecil. Sangat teliti dan hati-hati dengan urusan uang. Punya daya pikat yang besar, hingga banyak orang yang mencintainya. Tetapi ia tidak senang dengan pekerjaan yang selalu diperintah orang lain, ia senag bekerja dengan pikirannya sendiri. Lagipula ia tidak mudah kena pengaruh bujukan orang lain.

PEBRUARI : Kepandaian yang dapat dibanggakan hanya satu bidang saja. Senang tukar pikiran dan menghargai orang lain. Selain itu ia suka pelesir dan humor, suka berpakaian serba indah. Kalau mau bergaul tulus sampai hati (lahi batin), tapi kalau bermusuhan tidak mudah didamaikan.
Punya potensi terkena rematik dan gatal pada tubuhnya, maka kalau dingin harus berpakaian hangat. Ia senang bertindak sendiri, mau memerintah, tapi tak mau diperintah orang lain. Ia seolah-olah punya kekuatan mata (hypnotische macht) yang berkekuatan gaib. Senang harta dan pangkat serta suka memuji diri sendiri. Ia berbakat jadi dokter jiwa atau tabib, dan pantas jadi ahli hukum serta ahli ilmu obat-obatan.

MARET : Punya keahlian di bidang pertukangan atau tehnik. Dan senang pengetahuan agama atau pengetahuan lainnya. Cinta pada sesama, jujur tak pernah berbohong. Senang keindahan bahasa (sastra), maka banyak yang jadi pengarang. Bila menolong tidak tanggung-tanggung, maka banyak orang yang menyenanginya.
Ia bisa dipercaya dalam memegang urusan penting misalnya di bidang keuangan atau administrasi. Sebelum berusia 35 tahun sering menderta sakit, tapi sesudah berusia 35 tahun tak pernah/jarang sakit dan bisa panjang umur. Bila pandai mencari pekerjaannya ia bisa kaya.
Sayangnya ia mudah “susah" bila sedih ia sukar dihibur. Dan ia mudah putus asa.

APRIL : Pandai berpikir, banyak pendapatnya/idenya. Maka ia berbakat dengan pekerjaan yang memerlukan daya pikir. Bila ia bekerja dengan perintah orang, malah bingung. Biasanya pandai mengatur rumahtangga dan sabar serta sayang pada keluarga.
Bisa menjadi kepala perusahaan tapi ia suka menuruti kehendaknya sendiri.
Kalau jodoh senang memilih orang yang rajin dan pandai mengatur rumah-tangga, serta harus taat pada perintahnya, sebab bila tidak ia mudah marah. Kalau punya musuh tidak mau atau tidak mudah memberi ampun. Dan ia mudah bosan, tidak sabaran. Tapi kalau terhadap orang yang dicintainya ia bersikap sangat sabar, bahkan sampai menurunkan derajatnya. Mau bekerja yang berat-berat, tapi kalau bekerja lupa pada kesehatannya. Mungkin karena ia dappat menahan rasa sakit itu.
Laki-laki yang lahir bulan April ini banyak untung dan mudah cari uang, tapi mudah membuangnya. Senang berpakaian bagus dan senang bergaul dengan orang awam.

MEI : Bisa menahan hawa nafsu dan angkara murka. Kalau bicara manis dan menarik. Senang barang-barang yang baik dan makanan yang enak-enak. Bisa untung besar bila bekerja di bidang pengarang, kedokteran, atau perdagangan. Biasanya kurang memperhatikan keperluan orang lain, karena banyak urusan pribadinya. Umumnya ia senang bekerja di bidang yang disenanginya. Akan tetapi bila pekerjaan itu tidak cocok, maka ia jadi malas. Ia suka bekerja sendiri tanpa diperintah orang lain, maka ia akan lebih beruntung bila bisa jadi pimpinan.
Dia memang pandai dan rajin bekerja hanya sayangnya punya watak pemboros demi kesenangannya sendiri.

JUNI : Pandai di bidang ilmu agama dan ilmu pemerintahan. Senang mengharapkan sesuatu yang tidak ia kerjakan, yang akhirnya bisa mendatangkan kesusahan diri sendiri.
Kebanyakan suka bepergian ke luar negeri. Bila sudah berusia 35 tahun bisa mengumpulkan harta. Pada umumnya suka kawin di usia muda. Ia tidak percaya pada orang lain. Dan ia bisa mempunyai umur panjang bila mau mencintai diri sendiri dan mencintai orang lain. Sayangnya ia mudah terserang penyakit perut. Dan sayang ia tidak bisa mengatur diri sendiri, lagipula dia “antepan” dan tidak mau bertukar pikiran dengan orang lain.

JULI : Punya daya pikir yang tajam untuk merencanakan pekerjaan yang besar. Bisa mencukupi kebutuhan rumah-tangganya dan bisa menolong saudara-saudaranya. Ia jujur, baik hati, tapi takut melarat. Suka berpikir bila sendirian di rumah.
Ciri khasnya ia senang “pelancongan”. Ia pandai berpidato di depan orang banyak. Maka banyak yang jadi tokoh pergerakan. Senang punya barang-barang model baru dan modern. Senang berpakaian indah, dan senang pula rumah yang bersih dan menawan. Ia pandai di bidang tehnik dan bisa jadi pemimpin perusahaan.
Tapi mudah terkena penyakit tenggorokan, paru-paru, dan ginjal. Untung ia sangat kuat menahan sakitnya. Ia senang disanjung. Kadang-kadang kejam dan suka membalaskan dendam hatinya. Tetapi mudah berubah tujuan. Ia memang pandai membri contoh pada anak-anak dengan tujuan yang baik.

AGUSTUS : Hatinya baik dan “prasaja” terhadap keluarga, saudara, dan tetangga. Berperasaan halus dan mudah tertarik. Bertujuan luhur lahir batinnya, punya kekuasaan besar. Bisa dipercaya di bidang perdagangan. Biasanya bisa berumur panjang, tapi harus bisa menjaga kesehatan perut dan kepala.
Hatinya selalu senang dan bisa menarik perhatian orang, sehingga disenangi orang banyak. Sering mendapat untung besar bila bekerja dengan baik.
Senang belajar, berfoya-foya, dan senang makan di tempat ramai. Sayang, kalau meminjam sering lupa mengembalikan. Kalau berpakaian sederhana.
Dalam berbicara, ia senang mendebat lawannya entah debatannya betul atau salah. Ia pada dasarnya memang rajin bekerja. Cocok bekerja jadi pengarang, penyanyi, dan sutradara. Bagi pria sesuai bekerja menjadi juru bayar makelar, dan mendirikan perusahaan.

SEPTEMBER : Sifatnya jujur, cinta pada sesama, dan baik budi pekertinya, sehingga dihormati orang. Senang peraturan-peraturan yang baik. Punya bakat jadi guru, pandai di bidang musik, dan pandai mendidik anak-anak. Pandai menyimpan rahasia pribadi dan orang lain.
Pria yang lahir bulan September bisa jadi ahli obat-obatan, wartawan, dan ahli pidato. Senang menyimpan uang, dan senang mengeluarkan uang untuk menyenangkan hatinya. Tapi ia dermawan. Sering rekreasi dan cari hiburan. Wataknya periang, sehingga ia nampak awet muda. Tapi ia suka makan dan minum yang berlebihan. Otaknya memang cerdas dan sering banyak untung.

OKTOBER : Pandai bicara dan baik budinya. Bila bekerja sendiri bisa berhasil, tapi bila orang lain ikut campur jadi bingung. Dia mau menolong orang yang disenangi, tapi terhadap orang yang dibenci suka mengejek.
Kalau wanita kurang sabaran, bisa sabar sekali bila terhadap orang yang disenanginya.Umumnya boros kalau memegang uang. Tapi berbakat di bidang musik. Tajam pikirannya, bisa mengerti pikiran orang lain. Senang berpakaian yang bagus-bagus tanpa mengukur kemampuannya sendiri.
Bisa hidup rukun dengan kekasih dan keluarganya bila kamauannya diatur dengan baik. Bila bekerja tidak mau dipaksa orang lain kalau bukan kemauannya sendiri.

NOPEMBER : Pandai terhadap semua urusan. Bisa menahan hawa nafsu. Bicaranya menarik dan bisa mempengaruhi orang. Ia senang keindahan dunia, senang berpakaian bagus, dan senang dipuji. Bisa jadi pengarang, pelukis, ahli hukum, dan dokter. Gemar menimbun pekerjaan yang akhirnya tidak bisa diselesaikan. Bisa bekerja dengan baik kalau mendapat pujian, karena pada dasarnya memang senang dipuji. Ia sebenarnya pemalas dan senang menggosip orang.
Bisa mendapat untung besar bila mendapat pekerjaan yang besar dan sukar. Dia tergolong pandai dan manis. Ia juga berbakat mendongeng cerita-cerita fiksi. Boros dengan uang, senang “bepergian”, dan bersaudara. Kalau akan membuka pekerjaan sebaiknya dimulai bulan Januari atau Juli, dan harinya Selasa.

DESEMBER : Senang meniru (ikut-ikutan) dan percaya pada orang lain. Kurang sabaran dan mudah bosenan, tapi tidak punya rasa iri dan dengki, karena hatinya jujur, dan ia juga rajin. Bila bekerja ia punya cara-cara sendiri yang lain daripada yang lain. Ia punya pandangan yang luas mengenai apa saja. Biasanya dianugerahi panjang umur dan selalu sehat. Sangat berbakat di bidang seni musik dan seni-seni lainnya. Bila mau belajar seni bisa mencapai sarjana. Kalau sudah cinta bukan main besarnya, tapi kalau sudah membenci susah untuk diajak damai.
Wanita Desember pandai mengatur rumah-tangga. Hatinya jujur dan lugu, bila janji pasti ditepati. Ia mendambakan kebenaran dan keadilan.

39 komentar:

  1. Saya 8 januari, ya hampir bisa di bilang 90% sifat saya cocok dengan disitu.

  1. saya 11 juli...memang 95%....yg memang ada dalam diriku... sama hanya yg tertulis di primbon itu

  1. Saya lahir 8 oktober.. Saat membaca kykny benar bgt.. :)
    terima kasih..

  1. 99% cocok gan..

    Tips trik windows 8.1

  1. Kok bener ya

  1. keren, gambar bukunya kok gak ada mas?

  1. Oh iya, nggak kepikiran buat ngasih gambar bukunya Geng. Ide bagus tuh...

  1. Saya mw tnya ne,klau sya yg lahir di tanggal 17 januari'hari kamis 1991"jka sya merantau apkah sya ak mndapat kbrhasilan

  1. Saya mw tnya ne,klau sya yg lahir di tanggal 17 januari'hari kamis 1991"jka sya merantau apkah sya ak mndapat kbrhasilan

  1. Wah, saya nggak tahu mas. Ini tulisan cuma buat seru - seruan aja, bukan buat meramal. He he he

  1. Klau lahir senin pukul 20.00 ikutnya senin atau selasa?

  1. Mas Joko, dalam sistem penanggalan jawa, hari baru dimulai ketika matahari terbenam. Jadi senin pukul 20.00 ikut hari selasa...

  1. Mm.. Desember, nyaris semuanya tepat. Buat seru-seru an aja.. hehe

  1. Kata orang tua saya, saya lahir 4 Juli (siang hari). Tapi, saya ragu gak ingat sama sekali kejadian pada waktu itu. Kalo dilihat sih kayaknya cocok, tapi cuman kayaknya loh :)

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  1. Masukkan komentar Anda...cucok bngtt ki...aku lahir 7/4/77 kamis paing,gmna tuh ki??

  1. Masukkan komentar Anda...saya 18 januari 2002 wage yg di dalam texs di atas kemungkinan 85% benar dan 15% salah.

  1. Bener bnget,tapi klau nikah truss hduuuuhh ...

  1. kl q lhir hari minggu mlm jam 07:00 wib berarti masuk hari senin... y...

  1. Saya dilahirkan pada hari kamis malam jum'at. tanggal 19 Agustus 1976. kata ibu saya itu masuk nya hari jum'at. bener tdk mas? trimakasih

  1. Kamis pon 8 juni
    .. Hampir 90% bnrnya pas udh dicocokin...

  1. saya lahir hari sabtu jam 18.00, itu termasuk sabtu atau minggu ya ?

  1. Bener banget tuh..😄

  1. Jika lahir hari Rabu sore jam 3,masih ikut Rabu atau Kamis nya?

  1. Klo hari senin lahir waktu azan ashar masuknya senin atau selasa?

  1. Sayaa 21 Maret ,90%
    Emang bener sih
    Tp se'engganya saya makasih banget ,,
    Jadi sekarang saya tau apa yg harus saya lakukan selanjutnya

  1. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS BALAI SARTIKA kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Zulfa 089611648377 (WA)

  1. Kalo lahir senin jam 4 sore..itu tetap ikut senin apa udah masuk selasa ya..

  1. kalo lahir jam 11 malam wetonnya ikut kamis atau jumat nya

  1. Apakah bagus 8 januari 1986 dengan pasangan yang lahir 28 november 1989

  1. Ko persis ia karakteristik gw semua ada disitu apalg yg buruk nya aduhhh tepok ubun" dah gw.
    Tp ia mau gmna lg,setiap org pasti punya spek + - nya.makanya ada istilah klo si cowo punya kekurangan di tutupin oleh kelebihan si wanita,begitu jg sebalik nya.

  1. Banyak yang gak bener untuk diriku

  1. 13 november, persis 92%

  1. Sy 10 januari 1991

  1. Kalau lahir hari senin jam 16.30 itu apakh masih ikut hari senin atau sudah masuk hari selasa

  1. Kalau lahir hari rabu paeng malam masuk hari apa

  1. Kalau lahir hari rabu paeng malam masuk hari apa

  1. Punya mantan Lahir di november hari selasa pula .. bener banget.!!! Pintar mendongeng cerita fiksi dsb.

  1. lahir sabtu pagi jam 04.30 weton nya apa ya

Posting Komentar

Monggo komentar...