twitter


Jepang pra-1945 menampilkan wajah congkak kepada dunia, khususnya kepada Asia. Ini tidak lain karena Jepang ketika itu mempercayai mitos bahwa ia keturunan dewa, dan bahwa balatentaranya tidak terkalahkan. Tetapi, begitu dipukul kekalahan dalam bulan Agustus 1945, rakyat Jepang menyadari bahwa mereka harus menyadari nilai-nilai perdamaian, demokrasi dan hak-hak asasi manusia. Sebagai hasilnya, mereka menjadi rendah hati.

Paragraf di atas dapat kita temui dalam buku berjudul "Masalalu Selalu Aktual" tulisan P. Swantoro dalam bab ketika ia menulis tentang Prof. Rokuro Hidaka dan pandangannya terhadap Jepang modern. Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa keyakinan sekelompok orang bahwa mereka punya hubungan khusus dengan entitas transendental dan karenanya berhak mendominasi kelompok lain, adalah keyakinan yang konyol. Apalagi jika kemudian keyakinan tersebut terbantahkan dengan cara yang sangat memalukan.

Well, saya juga beranggapan seperti itu meski tidak secara spesifik merujuk kepada Jepang. Tapi bagaimanapun, saya harus mengacungkan jempol pada negara yang mendapat julukan "Tanah Tempat Matahari Terbit" tersebut. Pasalnya keyakinan yang mereka anut adalah hasil swadaya mereka sendiri. Setidaknya "keyakinan konyol" itu bukan produk impor.

1 komentar:

  1. Did you know there is a 12 word sentence you can speak to your partner... that will induce deep emotions of love and impulsive appeal to you deep inside his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, worship and protect you with all his heart...

    12 Words That Fuel A Man's Love Instinct

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will drive him to work harder than before to take care of you.

    As a matter of fact, triggering this all-powerful instinct is so important to having the best possible relationship with your man that the second you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll instantly notice him expose his soul and heart for you in such a way he never expressed before and he will distinguish you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly appealed to him.

Posting Komentar

Monggo komentar...