twitter


Judul Buku : Fisika Dasar Jilid I : Mekanika
Penulis : M. F. Rosyid, E. Firmansyah, Y. D. Prabowo
Dimensi : 20,00 x 25,5 cm 
Tebal : 370+xii halaman, ditulis menggunakan LATEX engine MIXTeX 2.9, TeXstudio 2.8.8.
Penerbit : Penerbit Periuk
Harga (versi cetak) : Rp. 100.000

Minimnya buku ajar fisika yang bermutu di Indonesia menjadi masalah serius bagi semua pihak. Salah satu pihak yang menjadi korban bagi masalah ini adalah mahasiswa jurusan fisika itu sendiri. Bagaimana tidak, bukan rahasia lagi kalau jurusan fisika menjadi salah satu jurusan yang paling dijauhi. Jurusan tersebut menjadi alternatif terakhir bagi calon mahasiswa, dan kalau "tidak beruntung" mereka masuk. Ditambah lagi, buku - buku yang harus mereka pelajari kebanyakan masih berbahasa Inggris, kalau tidak diktat kuliah singkat yang tidak dapat memberikan jalan bagi pemahaman terhadap konsep - konsep fisika.
Baru - baru ini, sebuah buku yang ditujukan untuk menanggulangi sebagian dari masalah itu diterbitkan. Buku Fisika Dasar I terbitan Penerbit Periuk menawarkan cara yang "benar" untuk memahami fisika. Sehingga pembacanya akan memahami bahwa fisika bukan sekadar upaya  menghafal sekumpulan rumus lalu menghitung berdasarkan rumus - rumus itu. Melalui buku ini para penulisnya seolah hendak menunjukkan bahwa mempelajari fisika berarti upaya untuk memahami cara kerja alam semesta.

Fotonya diambil dari sini
"Suasana lokal" yang disajikan dalam buku Fisika Dasar I ini menjadi kelebihan utamanya. Sebagai contoh, banyak foto dalam buku tersebut di ambil dari lokasi - lokasi di Yogyakarta dan sekitarnya. Hal ini menjadikan buku tersebut terasa lebih familier. Kosakata teknis dalam buku tersebut juga disesuaikan dengan Bahasa Indonesia. Para penulis buku tersebut lebih cenderung untuk menterjemahkan istilah - istilah itu alih - alih menyerapnya. Misalnya kata "tenaga" digunakan alih - alih "energi" bagi istilah "energy"..,

Kelebihan lainnya, buku Fisika Dasar I diawali dengan pengertian tentang fisika serta motivasi untuk mempelajarinya. Agaknya penulis mempunyai pandangan bahwa fisika telah diartikan secara salah oleh khalayak sehingga menimbulkan anggapan negatif, dan karena itu penulis ingin meluruskannya lewat buku tersebut.

Adapun kekurangan buku itu misalnya pada desain gambar. Huruf - huruf yang ada dalam gambar diagram dan sebagainya kadang - kadang tidak proporsional. Bagi para pembaca yang sekaligus penikmat tata letak buku, hal - hal kecil semacam ini tentu sangat mengganggu. Selain itu versi cetak buku "Fisika Dasar I" ini (cetakan pertama) dicetak dengan tehnik yang membuahkan hasil kurang maksimal, Beberapa gambar berbayang yang meskipun kecil, tetapi sekali lagi sangat mengganggu.

Versi elektronik buku "Fisika Dasar I" dapat diunduh secara gratis di halaman web ini.

1 komentar:

  1. referensi buku fisika paling lengkap
    ebook-referensi.blogspot.com

Posting Komentar

Monggo komentar...